HEADLINE

Keberhasilan Ibu-Ibu KTH Berkah Jaya Lestari dalam Roasting Kopi Robusta di Lampung Barat

Roasting Kopi Robusta di Lampung Barat

LUMBOKSEMINUNG - Berkat ketekunan dan dedikasi selama dua tahun, kelompok tani hutan (KTH) di Pekon Tawan Sukamulya, Kecamatan Lumbok Seminung, Kabupaten Lampung Barat, meraih kesuksesan gemilang dalam usaha roasting kopi jenis Robusta. Proyek yang diberi nama "Kopi Asmara" telah mengubah nasib para anggota KTH Sumber Jaya Lestari.

Roasting Kopi Robusta di Lampung Barat

Awalnya dimulai sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal, proyek roasting dan penggilingan kopi ini kini telah mampu menghasilkan omset mencapai lima belas juta rupiah per bulan. Bubuk kopi hasil produksi mereka, yang berasal dari biji kopi petik merah berkualitas terbaik, tidak hanya diminati di sekitar kecamatan mereka, tetapi juga mulai dikenal di wilayah Lampung Barat.

Roasting Kopi Robusta di Lampung Barat

Menurut Jazilah Arabiyah, seksi pemasaran KTH Berkah Jaya Lestari, usaha mereka didukung oleh edukasi dari anggota Wildlife Conservation Society (WCS), serta dukungan penuh dari masyarakat sebagai petani kopi. "Kami bangga menjadi yang pertama membuka jasa roasting kopi di kecamatan ini. Kami menetapkan harga dua belas ribu rupiah per kilogram untuk jasa roasting dan penggilingan, dengan permintaan harian mencapai tiga puluh hingga lima puluh kilogram kopi," ungkap Jazilah kepada media ini Senin (22 Juli 2024).

Kopi bubuk "Asmara" yang dihasilkan KTH Sumber Jaya Lestari dijual dengan harga banderol seratus empat puluh ribu rupiah untuk kualitas medium dan seratus delapan puluh ribu rupiah untuk kualitas premium per kilogramnya. Meskipun saat ini masih dipasarkan di sekitar Kecamatan Lumbok Seminung, harapannya adalah agar "Kopi Asmara" dapat bersaing di seluruh Lampung Barat, memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian keluarga anggota KTH.

Roasting Kopi Robusta di Lampung Barat

Keberhasilan ini tidak hanya menciptakan kemandirian ekonomi bagi para ibu-ibu KTH, tetapi juga memberikan inspirasi bagi masyarakat sekitar untuk lebih aktif dalam pemberdayaan ekonomi lokal melalui potensi sumber daya alam yang ada. Diharapkan, dengan terus berkembangnya usaha ini, dapat terjaminnya kesejahteraan kelompok serta mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih baik bagi Lampung Barat. (Pascal)

Tidak ada komentar