HEADLINE

Dandim 0422/LB Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci dalam Rangka HUTRI Ke-79

Dandim 0422/LB Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci dalam Rangka HUTRI Ke-79

BALIK BUKIT - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUTRI) yang ke-79, Pemerintah Kabupaten Lampung Barat bersama Kodim 0422/LB menggelar Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Suka Negeri Liwa, Kecamatan Balik Bukit, Jumat malam (17/8/2024). Acara ini diadakan sebagai bentuk penghormatan kepada jasa para pahlawan yang telah gugur demi kemerdekaan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Apel Kehormatan dan Renungan Suci dimulai dengan khidmat, dipimpin langsung oleh Dandim 0422/LB, Letkol Inf Rinto Wijaya, S.A.P., M.I.POL., M.HAN., selaku Inspektur Upacara. Upacara malam tersebut merupakan bagian dari tradisi nasional yang dilakukan setiap tanggal 17 Agustus untuk memperingati detik-detik proklamasi dan menghormati pengorbanan para pahlawan.

Dandim 0422/LB Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci dalam Rangka HUTRI Ke-79

Suasana acara semakin sakral ketika lampu dimatikan, obor dinyalakan, dan lilin dipasang di pusara para pahlawan. Dalam pembacaan naskah apel kehormatan, Letkol Inf Rinto Wijaya mengungkapkan, "Kami bersumpah dan berjanji perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang saudara-saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga. Kami berdoa semoga arwah saudara-saudara diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa, serta mendapatkan tempat yang sewajarnya. Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan negara dan bangsa.”

Renungan Suci yang dilakukan pada malam hari sebelum upacara pengibaran bendera pagi hari adalah momen reflektif untuk mengenang dan menghormati jasa-jasa para pahlawan. Kegiatan ini berlangsung dengan aman dan lancar, dan dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, termasuk Pj. Bupati Lampung Barat, Drs. Nukman, MM, Ketua DPRD Lambar, Edi Novial, S.Kom, Kapolres Lambar, AKBP Rinaldo Aser, S.H., S.I.K., M.Si, serta Kajari Lambar, Assisten Bupati, Staf Ahli, Kepala OPD Pemkab Lambar, Pejabat Eselon II dan III Pemkab Lampung Barat, serta berbagai elemen masyarakat.

Dandim 0422/LB Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci dalam Rangka HUTRI Ke-79

Turut serta dalam acara ini adalah pasukan peserta apel dari Kodim 0422/LB, Polres Lambar, Satpol PP Lambar, ASN Pemkab Lambar, dan Pramuka. Semua peserta menunjukkan kekhidmatan dan rasa hormat yang mendalam, menegaskan komitmen bersama dalam menjaga dan menghormati kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan.

Dengan pelaksanaan apel kehormatan dan renungan suci yang penuh makna ini, diharapkan seluruh elemen masyarakat semakin menyadari pentingnya menghargai jasa-jasa para pahlawan dan memperkuat tekad untuk meneruskan perjuangan mereka demi kemajuan dan kebaikan bangsa. (*)

Tidak ada komentar